Jumat, 03 Februari 2017

Porifera

PORIFERA
Gambar : Porifera

Hewan ini merupakan salah satu hewan yang menyusun terumbu karang. Hewan  yang  banyak  terdapat  di  air  laut  ini  ada  yang  hidup  sendiri
(soliter) dan ada yang berkoloni. Porifera yang hidup di air dangkal, seperti di kolam atau aliran sungai, adalah Spongillidae. Contoh hewan porifera adalah Leucosolenia, Euplectella, dan Spongilla.

Struktur  Tubuh
Hewan  berpori  ini  termasuk  hewan  multiseluler,  tetapi  belum mempunyai jaringan, organ, dan sistem organ. Porifera mempunyai ruang gastral sebagai kloaka. Ruangan ini dikelilingi oleh dinding yang ditembus oleh sejumlah saluran yang tersusun majemuk. Ruang gastral ujungnya terbuka yang disebut dengan oskulum. Air masuk ke dalam tubuhnya



Klasifikasi
        Klasifikasi fillum ini,didasarkan pada bahan penyusun kerangka (spikula). Klasifikasi prifera dibagi tiga kelas, yaitu:
1. Klass Calcarea
yang termasuk dalam kelas ini adalah bunga karang dengan spikulum dari kapur, misalnya, Grantia dan Leucosoelenia. Tubuhnya berbentuk silindris dengan panjang tubuh kira-kira 2,5 cm. Ruang gastral dihubungkan oleh lubang-lubang berpori. Dinding sel radial berflagelum berfungsi  sebagai  pencerna  makanan.  Makanannya  berupa  plankton, hewan,  tumbuhan  kecil,  dan  bahan  organik.  Air  masuk  melalui  pori menuju saluran radial dan keluar melalui kloaka, kemudian ke oskulum. Bunga karang tidak dapat bergerak, tetapi oskulumnya dapat menutup. Calcarea banyak dijumpai di pantai Laut Atlantik.


Gambar : Callyspongila vaginalis

2. Kelas Hexactinelida
Porifera yang masuk dalam kelas ini terkenal dengan nama bunga karang gelas (Hyalospongiae). Mereka hidup di laut, mempunyai spikula dengan enam jejari polong, tubuh dapat mencapai panjang hampir 1 m dan hidup di kedalaman  100 4.500 m. Contoh porifera dari kelas ini adalah Euplectella aspergillum.


Gambar : Hyalospongiae

3.Kelas Demospongia
Porifera kelas Demospongia dapat hidup di air laut dan air tawar. Spikulanya berbentuk serabut sebagai spongia atau silika yang tersusun menjadi  enam  jejari.  Contoh  Demospongia  adalah  Spongilla  sp.  (air
tawar)  sebagai  komoditas  perdagangan  daEuspongia  sp.  yang digunakan sebagai pembersih kulit pada saat mandi.

Gambar : Demospongia

Semua porifera hidup di dalam air laut. Berikut videokehidupan hewan porifera di dalam laut.

VIDEO




Lokasi: Kajen, Pekalongan, Central Java, Indonesia

7 komentar:

  1. Apa yang dimaksud dengan bilateral simetri?

    BalasHapus
  2. Terimakasih pertanyaannya, Istilah simetri bilateral menggambarakan hewan yang tubuhnya tersusun bersebelahan dengan bagian lainnya. Jika diambil garis memotong lewat mulut dan anus hewan simetri bilateral akan didapatkan bagian yang sama antara sisi kiri dan kanan.

    BalasHapus
  3. Selain bilateral simetri ,kita juga mengenal radial simetri. Dalam simetri radial, ada bagian tubuh yang sama yang didistribusikan dalam susunan melingkar di sekitar poros tengah. Coelenterata (alias Cnidaria) dan Echinodermata adalah dua contoh terbaik dengan hadirnya jenis simetri tubuh ini. Biasanya, hewan dengan simetri radial memiliki dua punggung dan sisi perut dan bukan sisi kiri dan kanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh radial simetri pada hewan coelenterata. Manusia termasuk simetri yang mana?

      Hapus
    2. Benar,,,,, simetri tubuh pada manusiaadalah bilateral simetri.

      Hapus
  4. Jelaskan juga peranan prifera pak ???

    BalasHapus
  5. Ok..
    Umumnya peranan porifera untuk penghasil spons mandi, alat pembersih dan penyaring air. Porifera juga berperan penting bagi ekosistem air laut sebagai habitat hidup biota laut. Penemuan terbaru porifera dapat digunakan sebagai anti kanker. Contohnya zat plakoridin A yang ditemukan pada spons plakortis di Jepang, dapat berguna sebagai sitotoksin bagi sel limfoma (kanker limpa).

    BalasHapus